Senin, 26 November 2012

Menjadi Manusia Yang Berkarakter

Menjadi Manusia yang Berkarakter



Sebelumnya kita bahas dulu apa itu karakter ? “Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Karakter memiliki arti: 1). Sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. 2).Karakter juga bisa bermakna "huruf".
Sedangkan Menurut (Ditjen Mandikdasmen - Kementerian Pendidikan Nasional), Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat,  bangsa  dan  negara.  Individu  yang  berkarakter  baik  adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akibat dari keputusan yang ia buat.

Contoh karakter baik :
Komitmen, konsisten, kreatif, kompeten, keadilan, kejujuran, kesungguhan, kesopanan, kepedulian, kerja sama, keikhlasan, keberanian, dan lain sebagainya.

Contoh karakter buruk :
Korupsi, malas, sombong, dusta, ria, keji, khianat, merampok, curang, tidak sopan, mencuri, mengadu domba, fitnah, dan lain sebagainya.

Jadi karakter itu merupakan kebiasaan atau watak didalam diri kita sendiri , karakter ada yang dapat dirubah dan juga tidak contohnya misalkan orang itu pemarah susah bagi orang pemarah untuk menghilangkan amarahnya, namu ada juga karakter yang dapat dirubah karena lingkungan pergaulannya contohnya saja yang tadinya rajin menjadi pemalas karena lingkungan ditempat dia bergaul seperti itu namun itu semua balik lagi kepada diri pribadi masing-masing , dia tetep kuat dengan karakternya apa dia gampang tergoda karena lingkungannya, maka itu sangat penting karakter bagi manusia.
·      Berikut ini ialah cara untuk membangun menjadi manusia yang berkarakter :  
  1.  Sadari dalam diri kita bahwa karakter positif akan membangun diri kita dari dalam dan ini  begitu penting sekali, sedangkan karakter negative akan merusaknya.
  2.  Menahan diri dari tidak reaktif jika menghadapi hal yang kurang menyenangkan, berfikir tenang dan sabar.
  3.  Ambil makna positif disetiap peristiwa yang kita alami.
  4.  Belajar menerima kenyataan yang tidak menyenangkan sebagai fakta yang selalu terjadi.  
  5.   Mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, aktifitas dan kegiatan sehari-hari harus dimulai dengan doa dan ditutp dengan doa pula.
  6. Hindari kebiasaan memojokkan dan menilai orang lain dari kekurangannya, sekalipun kita sedang bercanda atau bermain.  
  7.  Banyaklah bergaul dengan orang-orang yang memiliki karakter positif agar kitapun cenderung berfikiran positif dan optimis.

·        Begitu berguna dan bermanfaat jika kita bisa membangun karakter positif dalam kehidupan, diantaranya ialah :
1.      Jiwa akan selalu merasa damai, tidak terbebani dengan kesedihan, frustasi, kebencian, kemarahan dan rendah diri.
2.      Kita dapat mencari alternative jalan keluar yang terbaik atas peristiwa yang sedang dialami.
3.      Kita tidak mudah menyalahkan orang lain sebagai biang permasalahan.
4.      Hubungan interpersonal tidak terganggu karena kita cenderung menghindari sikap bermusuhan dengan pihak lain.
5.      Kita jadi lebih terbuka terhadap semua peristiwa, baik yang menyenangkan maupun tidak.

Itulah cara dan manfaat jika ingin menjadi manusia berkarakter yang kuat .



sumber : http://miftahularie.blogspot.com/2012/11/menjadi-manusia-yang-berkarakter-bi-ss_23.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar