Rabu, 31 Oktober 2012

LIBURAN DI KARIMUN JAWA

Memilih liburan ke karimun Jawa untuk berpetualang di wisata Bahari. Tepat pada tanggal 28 Juni 2012, aku menginjakan kaki terakhir untuk pergi ke pulau Karimun Jawa yang menurut orang itu Hawainya Indonesia, ya aku berangkat pukul 3 sore untuk menuju lebak bulus, fine tua di dalam transjakarta akibat macetnya kota Jakarta ini. Padahal bus menuju kota Jepara berangkat pukul 5, dan aku masih standbye di dalam Transjakarta pukul 4 sore itupun masih di Harmoni, ohh ya (disini aku pakai travel dan berangkat dari Jakarta sendiri). Operator bus Shantika (namanya)pun menghubungi aku harus cepat-cepat sampai di terminal lebak bulus pukul 5 sore, sedangkan pukul 4 sore aku masih di Harmoni, alhasil aku di tinggal bus Shantika arah Jepara yang hanya satu-satunya destinasi ke Jepara, fine aku di tinggal dan baru sampai terminal lebak bulus. Bayangkan Priuk-lebak bulus 4 jam, sesampainya aku sampai di lebak bulus, akupun bingung karena ketinggalan bus yang kearah Jepara. Akhirnya aku diberi ilham, fix nekat naik bus kearah Semarang dan mengeluarkan biaya Rp 150.00, akhirnya aku naik bus kearah semarang, dan buspun berangkat jam 9 malam dengan keadaan sendiri dan masih buta dengan yang namanya kota Semarang.

Dan sampai kota Semarang pukul 11 siang tepat hari Jumat tanggal 29 juni. Dan itupun aku memberanikan diri bertanya ke penduduk pribumi Semarang, dan penduduk itupun memberi tahu kepadaku untuk menaiki angkot menuju kota Jepara, dengan menaiki bus 3/4 kalau di Jakarta seperti kopaja. Lumayan murah Semarang-Jepara dengan mengeluarkan biaya Rp 7000/orang, perjalanan 3 jam menuju jepara dilalui, sampailah dikota kelahiran Ibu kita Kartini itu...JEPARA, masih di Jepara belom di Karimun, setelah di Jepara, akupun harus menuju pantai kartini untuk menemui travel yang sudah aku booking, setelah sampai di pantai Kartini pukul setengah 4, sedangkan kapal untuk menuju Karimun Jawa pukul 3. Ketinggalan kapal lagi, iya namanya juga kapal cepat bahari. Jepara-Karimun Jawa 2 jam, dan sangat-sangat terpaksa aku harus berangkat di keesokan harinya naik kapal ASDP ferry yang menempuh waktu 6 jam, selisih 4 jam dengan kapal cepat dari kapal bahari. Dan akhirnya aku sewahomestay di pantai Kartini selama semalam. Setelah semalam menginap di homestay pantai Kartini, keesokan harinyapun tepat pukul 7 pagi aku sudah stanbye di dermaga pantai Kartini untuk menuju pulau Karimun Jawa yang katanya seperti Hawai itu.

Perjalanan 6 jam naik kapal ferry ASDP itu sangat membosankan, setelah 6 jam berlalu, sampailah aku di dermaga pulau Karimun Jawa. Akupun terpanah sejenak melihat laut yang sangat jernih. Destinasi kali ini tidak salah. Sempat capai tapi itu semua terbayar dengan indahnya alam yang di ciptakan oleh Sang Pencipta. Setelah itu aku langsung take a rest ke homestay, ya dari dermaga Karimun naik mobil beserta trip gabungan kota lain, sampailah di homestay langsung mandi, dan istirahat. Hari seninpun tiba, jam 7 pagipun harus stanbye di dermaga untuk melihat panti-pantai indah di Karimun Jawa. Peralatan snortkeling sudah disiapkan dan berangkatlah dengan perahu nelayan kearah pantai barat Karimun Jawa yaitu pantai Menjangan Kecil.

Setelah menunggu hampir setengah jam dikapal nelayan, akhirnya sampailah di tempat tujuan, dan akupun langsung ber-snortkeling. Selesai ber-snortkeling akupun langsung bersandar dipantai Menjangan Besar untuk makan siang, setelah puas makan siang, aku langsung ke penangkaran ikan Hiu. Kumpulan ikan Hiu sebesar orang dewasa , setelah dari penangkaran ikan Hiu, lanjut lagi ke Tanjung Gerem untuk menikmati sunset di Karimun Jawa. Tanjung Gerem pun sudah sampai langsung menikmati tenggelamnya matahri di Karimun Jawa, indahnya sunset tersebut. Waktu sudah gelap, kembali ke Dermaga karimun Jawa untuk menuju homestay, tepat jam 7 malam kamipun sampai di homestay, langsung mandi dan beristiharat karena keesokan harinya aku harus kembali ke Jakarta, pagipun tiba dan aku langsung bersiap ke Jepara dari Karimun Jawa hanya 2 jam, tepat pukul 4 kurang akupun sampai di terminal Jepara, menunggu kedatangan bus menuju Jakarta. Pukul 5 sore langsung take off bus menuju Jakarta. Dan sampai di Jakarta jam 8 pagi.